Jual Mahal vs Nilai Mahal


Postingan ini untuk:
siapapun kamu,
teman saya atau bukan,
yang sedang merasa kesepian dalam kehidupan percintaan.

Seorang teman saya belum pernah pacaran.
Usianya memang baru 17 tahun, dan dia sedang sekolah di luar negeri. Tapi saya salut banget dia bisa bangga menyatakan dia belum pernah pacaran sekali pun. Saya lebih kagum dengan kepribadian seperti ini. Saya tidak mengerti dimana sisi kebanggaannya seseorang yang sering gonta-ganti pacar atau HTSan dengan banyak orang. Di benak saya, orang ini maksudnya ingin menunjukkan dirinya murah?

Ibarat sebuah gaun.
Gaun yang rancang dengan baik oleh seorang designer, di jahit dengan baik oleh konveksi dan di rapikan oleh laundry pasti dijual di butik super mahal. Karena nilai gaun yang mahal maka harganya juga mahal, katakanlah gaun ini harganya 20 M. Sebuah butik dengan gaun harga milyaran tentulah sepi. Peminatnya adalah semua orang, tetapi yang mampu membeli dan mengenakannya hanya orang tertentu.

Sementara sebuah gaun yang dibentuk secara asal oleh lingkungannya (penjahit, designer, laundry, dll)  sampai di sebuah toko pasti harganya sebanding ya, murah. Kalau harganya murah dia pasti di jual di toko baju murah , misalnya pasar baru Bandung gitu. Peminatnya sedikit tapi toko itu tetap rame karena semua peminat masih mampu membeli.

Sama dengan manusia.
Manusia ketika lahir telah dirancang sedemikian rupa oleh Tuhan. Rancangan Tuhan itu beda dengan rancangan manusia, rancanganNya baik, keren, dan luar biasa. Lalu manusia pun tumbuh dewasa dan ada waktunya dia akan banyak berdosa, namun ketika dia percaya Yesus Kristus telah mati di kayu salib untuk menebus dosanya, maka dia menjadi manusia yang bernilai mahal.
Sebab kamu tahu, bahwa kamu telah ditebus dari cara hidupmu yang sia-sia yang kamu warisi dari nenek moyangmu itu bukan dengan barang yang fana, bukan pula dengan perak atau emas, melainkan dengan darah yang mahal, yaitu darah Kristus yang sama seperti darah anak domba yang tak bernoda dan tak bercacat.
1 Petrus 1:18-19
Darah yang mahal, bukan darah cicak yang kasarnya : murahan. cicak ada dimana-mana... Eh kok ujug-ujug jadi cicak? Kenapa cicak? ew
Well rada frontal tapi yaudahlah pengen cerita
jadi dahulu saya sendiri hidup dalam perbudakan agama yang sia-sia. Saya diajarkan dalam sebuah kitab klasik di agama lama saya mengenai seorang nabi yang bersabda ”Barangsiapa yang membunuh cecak maka Allah akan menghapuskan tujuh kesalahan atasnya.”
Bunuh seribu cecak lumayan bisa hapus kesalahan 7000 , sounds legit. Saya bisa fitnah orang dulu hari ini, ntar malam bunuh cicak aja, beres *fufufuh *evillaugh. Atau puasa aja satu hari di awal bulan tertentu, semua dosa bisa terhapus, selama puasa ngga boleh gosip, tutup aurat dll. Modus abis sama Tuhan, pas puasa aja baek-baek, setelah puasa dosanya ceritanya udah kehapus, balik lagi deh. Kata temen saya orang Polandia, the morality of these people is worse than I thought.
Nah begitu cerita cicak nya.

Singkat cerita kamu yang udah ditebus dengan darah Yesus Kristus, seorang yg percaya dan mengakui Yesus adalah Tuhan, sadarlah bahwa : hargamu memang mahal. Kalau kamu merasa hidupmu sepi banget sama cowok/cewek, ya memang begitu... Butik mahal memang tidak rame pelanggan, memangnya pasar baru yang.....hehe lanjutin sendiri.

Gaun mahal yang ngedeketin memang cuma orang-orang tertentu, sama dengan kamu. Yang pantas mendekatimu ya hanya sesama orang percaya Tuhan, takut Tuhan, bertumbuh dalam Tuhan, dsb... sama sepertimu. Jangan biarkan hargamu jadi turun karena kau putus asa, 'kok ngga ada yang cocok sama saya'. One day, akan kamu temukan calon yang benar-benar layak untuk bersama dgn kamu.

Ngga kebayang kalau harga sebuah gaun 20 M diturunin jadi 50.000, ya sewajarnya butiknya akan rame ditawar-tawar calon pembeli. Semua calon pembeli diladeni, akhirnya cape coy. Gaun yang nilainya layak seharga 20 M dijual dengan harga 50.000, betapa sayang kan? Jadinya kasihan... murah.. rugi.. *sad.

Tapi bukan berarti nilai mahal selalu sepi. Ngga juga, ada yang mahal rame, ada juga yang murah tapi sepi. Banyak faktor, tapi intinya mau sepi atau rame, nilai mu harus tetap tinggi. Berkualitaslah.

Percayalah, kau punya seseorang yang pantas untukmu.
Ini Tuhan sendiri yang janji,
TUHAN Allah berfirman: "Tidak baik, kalau manusia itu seorang diri saja. Aku akan menjadikan penolong baginya, yang sepadan dengan dia.
Kejadian 2:18
Tapi, jangan turunkan nilaimu yang mahal, tetaplah dengan standarmu yang tinggi.


JUAL MAHAL VS NILAI MAHAL
Jual mahal beda lho,
"Nilai mahal ya karena memang nilainya mahal, maka pantas dihargai mahal. Jual mahal itu sebuah barang murah dijual dengan mahal." -Kambang Tobing
Ketika nilai mu mahal, sebenernya bukan dengan : menolak berteman dgn teman yg tidak seiman, ngga mau ngobrol kalau dia ngga sesuai standar, dll.
ah itu baru namanya jual mahal.
 
Seseorang yg berkualitas atau bernilai tinggi , adalah dia yang takut akan Tuhan. Dia yang memiliki Roh Kudus dalam dirinya. Seorang demikian dengan sendirinya akan dipenuhi cinta kasih. Cinta atau kasih itu :

Love is patient, love is kind. It does not envy, it does not boast, it is not proud. It does not dishonor others, it is not self-seeking, it is not easily angered, it keeps no record of wrongs. Love does not delight in evil but rejoices with the truth. It always protects, always trusts, always hopes, always perseveres.
Love never fails. But where there are prophecies, they will cease; where there are tongues, they will be stilled; where there is knowledge, it will pass away.
1 Corinthians 13:4-8
Memang sih intinya mengasihi, tapi banyak orang cuma tahu kata mengasihi tanpa benar-benar memahami seperti apa itu.
Nah biar mudah dimengerti..ciri-ciri pada umumnya begini: (you can skip this)
1. Dia sabar. Dia mau dengan sabar mendengarkan anak kecil atau nenek-nenek bercerita, mengantri, dia rela dicaci-maki, dsb.
2. Dia murah hati, dia ramah pada siapapun yang meminta tolong, bahkan terkadang dia inisiatif membantu, tulus.
3. Dia ngga cemburu. Kata siapa cemburu tanda sayang? Cemburu itu tandanya posesif, dibutakan cinta, tidak percaya, tidak bisa mengendalikan diri, menjaga hati, dan...kurang kerjaan. Serius. Bahkan yang aneh,ada yang cemburu dibuat-buat demi ngasih bumbu dalam percintaan. Betapa dangkal hubungan yang seperti ini...
Kalau dia mengasihi, dia pasti percaya dan yakin bahwa pasangannya baik-baik saja, positive thinking. Dia ngga cemburu juga berarti dia puas dengan dirinya, dia ngga perlu sirik dengan orang lain yang punya banyak kelebihan.
4. Dia tidak sombong. Wow, ini keren. Dia tidak memilih berteman dengan siapa, semuanya dirangkulnya. Semua disapanya. Dia berbicara bukan tentang dirinya, tetapi tentangmu, atau tentang keluarganya, teman-temannya.
5. Dia sopan. Dalam perkataannya, sikapnya, pakaian dsb. Dia tidak perlu pecicilan atau petakilan untuk menarik perhatian, dia tidak perlu berpakaian seksi untuk diperhatikan (Sebenernya pakaian seperti ini membuatnya tidak dihormati, sometimes) dia tidak perlu galau dan curhat atau posting foto sedang menangis di facebook. Dia tidak meremehkan orang lain, dan tidak perlu mengagumi orang yang dikagumi banyak orang. Dia berlaku adil dalam kesopanannya.
6. Dia tidak mencari keuntungan sendiri, tidak egois. Dia senang ketika orang lain berprestasi, mendapat berkat, dsb. Dia bersyukur ketika dia bisa melakukan sesuatu untuk generasinya, lingkungannya, orangtuanya, dsb.
7. Dia tidak pemarah dan menyimpan kesalahan orang lain. Dia selalu memaafkan dan mengampuni, sekalipun yg bersalah tidak minta maaf. Dia tidak perlu menyimpan kesalahan orang lalu ngambek sampai orang tersebut minta maaf dan bertekuk lutut, atau dendamnya terbalaskan. Dia tahu seseorang yg bersalah patut dimaafkan , karena Yesus telah lebih dahulu memaafkannya, dengan dosa segede gaban yang dahulu melekat padanya.
8. Dia bersukacita karena kebenaran, bukan ketidakadilan. Sekalipun dia bersalah, ketika dia dijatuhi hukuman, dia akan bersyukur, dia akan senang, karena yang sedang berlaku adalah kebenaran. Bukan kecurangan. Sekalipun orang tua nya misalnya korupsi, dan dia dikatakan durhaka karena lebih setuju orang tuanya di penjara, itu adalah wujud kasih. Anak yang jahat ketika tahu orang tuanya bersalah dan makin memasukkannya ke dalam kesalahan yang baru dengan tidak melaporkannya.
9. dan sebagainya. saya puyeng juga mau lanjutin, banyak banget hahaha

Well,
ya begitu
Seorang teman saya kualitasnya super tinggi banget lah
makanya hidupnya sepi cowok, tetapi sekali ada yang dekat, wah, kualitas cowok nya bagus bgt.
Di dalam hidupnya, dia akan berteman dengan siapa saja, latar belakang apapun
namun untuk masuk ke dalam kehidupan pribadinya, tidak sembarang orang. Tidak sembarang orang bisa tahu tentang dirinya lebih dalam. Tidak sembarang orang bisa meneleponnya di saat-saat biasa, pada umumnya nelpon aja harus izin. (asa mirip saya ini.. -__-) dia tidak sembarang menceritakan rahasianya, keluarganya, kelemahannya, dan masalahnya. Tidak mudah mengajaknya makan malam, kalau telat sekali oke, kedua kali, dia bakal ninggalin kita. Dia lembut, sabar dan murah hati, tapi juga tegas dan tidak kompromi. Dia memiliki integritas tinggi dan tidak mencari reputasi. Dia tidak menggebu-gebu ketika naksir seseorang, dia punya self control. Dia tidak mengobral cintanya dan membiarkan siapapun yg ganteng dan berduit mudah mencicipi. Ya, dia tidak terpesona dengan kekayaan, ketampanan, prestasi, dsb. Dia hanya akan terpesona ketika Tuhan menaruhkan seseorang dalam hatinya, dan seseorang itu memang memiliki kualitas yang juga tinggi. Prinsipnya, 'apa gunanya dewasa secara rohani tetapi bukan dia yang Tuhan pilih untuk saya.' .
Setuju deh.

Itu namanya nilai mahal, bukan jual mahal.
Kamu yang single, banggalah. Bangga karena kau utuh, dan tidak mengejar cinta, bukan bangga sebagai jomblo ngenes garis keras.
Kau single, kau complete, kau dibentuk Tuhan jadi pribadi yang luar biasa, dan hargamu luar biasa. Kalau kau malam mingguan, malam mingguan mu aspti seru, ngga garing dan ngebosenin ala dunia ini.
Kalau kau cowok, please stop menyatakan kau sedang menyatakan kau lagi nyari tulang rusuk, gombal banget lah. Lebih baik kau nyatakan kau sedang persiapkan dirimu jadi seorang Mr. Right, bukan mencari Mrs. Right.
Dan yang udah pacaran, saya kepengen bilang, dangkal banget pacaran kamu kalau senengnya itu dari pegang-pegangan, peluk-pelukan, gombal-gombalan, dsb. Pacaran harusnya luar biasa, dan kesenangan bukan dari kontak fisik.

Buat yang lagi nyari, jangan lihat calon pasangan dengan fokus ke dia aja, jangan. Lebarkan fokusmu, lihat lingkungannya, teman-temannya, keluarganya, komunitasnya, dsb. Bagaimana hidupnya dapat kamu lihat disitu. Bukan dengan apa yang dikatakannya, kalau kau percaya dengan perkataannya, kau akan merasa tertipu suatu saat. Hey, manusia bisa salah menilai dirinya, atau sengaja mengatakan yang baik-baik tentang dirinya atau dirimu.

Satu hal juga, jangan mengharapkan semua orang sempurna. Suatu saat akan ada kekurangan dalam diri seseorang, terimalah itu dan bersyukurlah, lalu bantu dia memperbaiki kekurangannya, dan fokus pada kelebihannya.

Nah, tulisan saya udah panjang banget. Juling-juling juga bacanya... hehe
semoga bermanfaat bagi yang sedang mencari jawaban akan hidup.
Jangan terlalu keras hati, kalau ada yang harus kau perbaiki dalam hidup, pebaikilah. Tidak ada satupun manusia yang hidupnya benar.
#yolo #swag




2 comments:

  1. Seneng baca tulisan kamu Re, kece original, kocak menggelitik, tajam menohok, & manis menginspirasi. Terus berkarya, berjaya mengudara.. *apaseh :D Go Aure! Blessing

    ReplyDelete
  2. Tulisan yg bagus, tpi ada tulisan yg menjatuhkan salah satu agama. Belum tentu hadis itu sahih. Soal pengampunan dosa, Allah Maha Pemaaf, jadi seburuk2nya manusia, Allah tetap mengampuninya jika ia bertaubat. Saling menghargailah sesama pemeluk agama dan orang indonesia. 'Bagiku agamaku dan bagimu agamamu'

    ReplyDelete

 

INSTAGRAM

TWITTER

THE AUTHOR

My Photo
         
A former Miss Global Teen Indonesia, Miss Coffee Indonesia for South Sulawesi and Toraja Tourism Ambassador. Coffee drinker and chinese food reviewer for TripAdvisor, currently finishing her study majoring Tourism and also keep travel during her free time. She is involving in some Community Based Tourism sociopreneur project, the recent one is in Dago Pojok, Bandung. She was interviewed on VOI program for Radio Republik Indonesia (RRI) Bandung and ROI Radio to talk about Couchsurfing in Indonesia. Another appearance on Television was on NBT Channel Thailand for representing Indonesia in ASEAN Plus Three Tourism Student Summit in Bangkok and Pattaya, another appearance was about the partnership between Indonesia and Thailand youth through Foundation for International Human Resources Development (FIHRD) where she take responsibility for the partnership.